Langkah Klinik Kesehatan Telkom University Antisipasi Covid-19

 


Sebagai salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia, Telkom University berusaha memberikan layanan yang terbaik untuk mahasiswa dan mahasiswinya. Selain fasilitas pendidikan yang lengkap, Tel-U juga menyediakan layanan klinik kesehatan Telkom University yang mengantisipasi penularan virus covid-19. 


Dengan demikian orang tua mahasiswa dan mahasiswi tidak perlu merasa khawatir dengan ancaman virus covid-19 terhadap setiap mahasiswa dan mahasiswi yang menempuh pendidikan di bawah naungan Telkom University. Adapun apa saja layanan klinik kesehatan Telkom University yang diberikan untuk mahasiswa di sini kami akan bagikan penjelasannya untuk Anda!


Mengenal Klinik Kesehatan Telkom University 


Bagi Anda yang masih belum mengenal tentang Telkom University, Universitas swasta yang satu ini diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Telkom dan merupakan penggabungan empat perguruan tinggi swasta yang lain di antaranya :


- Institut Teknologi Telkom (IT Telkom)

- Institut Manajemen Telkom (IM Telkom)

- Politeknik Telkom

- Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom)


Namun pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas bukan tentang Telkom University itu sendiri melainkan tentang klinik kesehatan Telkom University. Sebagai salah satu universitas swasta terbesar di Indonesia, tentu soal pemberian fasilitas kesehatan, Telkom University selalu berusaha memberikan yang terbaik.


Universitas Telkom senantiasa berusaha melakukan perbaikan mutu layanan kesehatan bagi mahasiswa  karena semua pihak di universitas sadar bahwa untuk mewujudkan mahasiswa dan mahasiswi yang berprestasi, kesehatan itu menjadi faktor yang sangat penting diperhatikan. 


Oleh sebab itu evaluasi demi evaluasi atas layanan kesehatan yang diberikan oleh Klinik Kesehatan Telkom University senantiasa dilakukan. Evaluasi yang dilakukan itu sendiri menjadi bagian yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan dari waktu ke waktu. 


Rektor Universitas Telkom dalam hal ini Prof. Ir. Mochamad Ashari, M.Eng.,Ph.D mengungkapkan bahwa sebelum menjadi Telkom University, layanan kesehatan mahasiswa pada empat institusi pendidikan IT Telkom, IM Telkom, STISI Telkom dan Politeknik memiliki standar yang berbeda – beda. 


Akan tetapi kini setelah menjadi Telkom University, layanan dan standar fasilitas kesehatan tentu saja disamaratakan karena berada di bawah bendera yang sama. Untuk meningkatkan mutunya, klinik kesehatan Telkom University bahkan melakukan kerjasama dengan PT. Sarana Usaha Sejahtera Insanpala.


PT. Sarana Usaha Sejahtera Insanpala merupakan anak perusahaan Yayasan Kesehatan Telkom yang mengelola pelayanan kesehatan bagi karyawan Telkom dan Telkom Group. Nah, grup perusahaan ini sudah menjalin kerjasama bersama dengan Institut Manajemen Telkom sejak beberapa tahun yang lalu dan kini ketika sudah berubah menjadi Telkom University, kerjasama tersebut dilanjutkan.


Semua itu dilakukan untuk memberikan suatu respon terhadap kebutuhan kesehatan mahasiswa dan mahasiswi yang jumlahnya bahkan mencapai di atas 6.000 orang. Terlebih ada kebijakan yang mengharuskan mahasiswa dan mahasiswi yang belajar di Telkom University untuk tinggal di asrama Telkom pada satu tahun pertama pembelajaran. Oleh sebab itu pelayanan kesehatan terbaik dan terpadu semakin diperlukan.


Alamat Klinik Kesehatan Telkom University berada di Jl. Telekomunikasi No.1, Citeureup, Kec. Dayeuhkolot, Bandung, Jawa Barat. Saat ini beberapa layanan yang telah disediakan di klinik kesehatan Telkom University sudah semakin banyak meliputi : 


- Layanan rawat jalan

- Layanan rawat inap

- Layanan perawatan gawat darurat

- Layanan penunjang diagnostic 

- Layanan tindakan operasi

- Layanan perawatan dan pengobatan gigi, dan lainnya.


Selain meningkatkan kualitas dan mutu pada klinik kesehatan Telkom University, sejak pandemic covid-19, Universitas Telkom menerapkan command centre yang hadir untuk meningkatkan keamanan di dalam lingkungan kampus. 


Akan dipasang juga sebanyak 300 kamera pengawas dan menyebar lima lokasi panic button serta layanan call centre 24 jam yang terintegrasi dan terhubung ke tim Command Centre. Peningkatan keamanan ini beralasan karena wilayah kampus memiliki lahan seluas 50 hektar dengan jumlah mahasiswa yang ribuan dan sekitar 6 ribu sampai 7 ribu mahasiswa menetap di asrama Tel-U. Karena itu pengawasan 24 jam non stop selama 7 hari penuh memang sangat diperlukan. 


Selain mengawasi tindak dan gerak – gerik mahasiswa atau indikasi tindakan berbahaya dari orang luar kampus, pengawasan ini juga untuk memantau kesehatan mahasiswa khususnya yang tinggal di lingkungan asrama.


Dengan keberadaan CCTV, jika ada mahasiswa yang mengalami masalah tentu bisa segera ditangani jadi tidak hanya bisa mengandalkan laporan mahasiswa dan teman – temannya juga. Terlebih setelah pandemic covid-19 maka pengamanan menyeluruh untuk mengantisipasi hal – hal yang tidak diinginkan memang sangat dibutuhkan.


Kabar menariknya lagi tentang klinik kesehatan Telkom University bahwa pihaknya tidak hanya berusaha untuk memberikan layanan terbaik dan mutu kesehatan secara maksimal untuk semua warga Telkom University dan masyarakat setempat, melainkan juga memiliki segudang inovasi demi meminimalisir resiko penyebaran covid-19 khususnya bagi dokter gigi. 


Melalui Fakultas Industri Kreatif dan Fakultas Teknik Elektro, Universitas Telkom berhasil menciptakan sebuah alat bernama Dentist Protective atau Dentpro. Alat seperti apakah ini? 


Mengenal Dentpro, Alat Pelindung Covid-19 Telkom University Untuk Dokter Gigi


Dentpro sebagai alat pelindung yang dibuat khusus untuk mencegah dokter gigi tertular covid-19 ketika sedang memeriksa mulut pasien adalah sebuah alat canggih temuan mahasiswa dan mahasiswi Telkom University. 


Dentpro adalah suatu alat yang hadir dengan suatu mesin vacuum aerosol serta droplets memanfaatkan HEPA filter sterilisasi bakteri serta sinar UV-C sanitizer. Mengenai bagaimana cara kerja dari Dentpro adalah melalui mesin vacuum dengan daya sedot tinggi yang dihubungkan dengan jalur tertentu pada beberapa box. 


Jadi secara umum cara kerja sinar UV-C sanitizer dari box 1 dibagi menjadi dua titik, kemudian akan terhubung pada box 2 sinar UV-C sanitizer dan HEPA filter sebagai suatu filter sterilisasi bakteri yang terdapat pada ruangan. 


Sistem vacuum droplets juga sistem vacuum sedot aerosol dihubungkan pada posisi rongga mulut pasien secara langsung ketika dokter sedang melakukan pemeriksaan rongga mulut. Alat ini diketahui dibangun dengan berbagai macam percobaan selama kurun waktu 4 bulan lebih dibantu oleh tim dosen dari FIK dan FTE. Juga mahasiswa kedokteran beberapa sudah terlibat dalam proses pembangunan dan percobaan Dentpro ini.


Dalam proses uji cobanya, kehadiran alat yang diberi nama Dentpro sudah diuji coba di Klinik Kesehatan Telkom University dan telah mendapat respon yang sangat baik di kalangan dokter gigi yang bertugas. Melalui alat ini, diharapkan dokter gigi bisa terhindar dari potensi semburan aerosol dan droplet pasien karena APD untuk dentist sudah sangat mendukung.


Akan tetapi memang tidak hanya penggunaan Dentpro yang perlu ditingkatkan setelah alat ini dihadirkan, melainkan dalam memaksimalkan penggunaannya perlu APD tambahan yang dimanfaatkan. Ke depannya diharapkan agar Dentpro menjadi alat khusus bagi setiap dokter gigi yang bisa didistribusikan dan dimanfaatkan oleh seluruh dokter gigi di Indonesia untuk melakukan tugasnya.


Langkah Antisipasi Klinik Kesehatan Telkom University Di Era Pandemi Covid-19 


Sebagai salah satu universitas swasta terkemuka yang ada di Indonesia, tentu saja bukan hal yang mudah bagi Telkom University menciptakan lingkungan terbaik bagi setiap mahasiswa dan mahasiswi yang belajar bersama Universitas Telkom ini. 


Terlebih banyak mahasiswa dan mahasiswi juga yang tinggal di asrama Telkom. Sempat dipulangkan karena pandemi covid-19, ketika program asrama dibuka kembali tentu harus ada sistem yang dapat meminimalisir resiko penularan covid-19. Oleh sebab itu langkah antisipasi pun diberikan oleh Universitas Telkom yang bekerjasama dengan Klinik Kesehatan Telkom University sendiri. 


Seluruh mahasiswa dan mahasiswi yang berada di lingkungan kampus atau akan melakukan kegiatan di lingkungan kampus tentu saja harus jaga jarak aman untuk meminimalisir resiko penyebaran dan penularan covid-19. 


Penggunaan masker juga diperlukan beserta face shield. Nah, Universitas Telkom bersama IT Telkom Surabaya sejak awal 2020 lalu gencar melakukan produksi cepat APD Face Shield dengan 3D printer. Ya, sejak kehadiran 3D printer yang ditempatkan pada laboratorium sistem produksi kampus IT Telkom Surabaya, komunitas dosen tidak pernah berhenti melakukan upaya pengembangan inovasi terbaru untuk membantu memberikan yang terbaik bagi negeri termasuk sumbangsih perang terhadap covid-19 yang sangat mematikan.


Telkom selalu berupaya tentang bagaimana langkah yang bisa dilakukan untuk memproduksi APD face shield secara cepat dan secara masal. Sebagaimana yang kita tahu bahwa selain masker, face shield juga menjadi piranti yang diperlukan untuk penanganan dan pencegahan covid-19. 


Jadi face shield merupakan salah satu APD wajib bagi setiap tenaga medis yang sedang menghadapi pasien covid-19. Bahkan kini sudah banyak rumah sakit atau pun fasilitas kesehatan lain seperti halnya laboratorium, klinik atau pun puskesmas yang mengalami krisis face shield. 


Mereka membutuhkan bantuan pengadaan face shield. Nah, penggunaan dari face shield diperlukan untuk memberikan perlindungan terhadap area wajah bagi tenaga medis agar terhindar dari terkena droplet pasien. Kalau face shield di lingkungan Klinik Kesehatan Telkom University tak perlu diragukan lagi, jumlahnya sudah cukup memenuhi kebutuhan tenaga medis. 


Nah, keberadaan alat 3D printer yang kampus IT Telkom Surabaya miliki tentu sangat berguna mengembangkan berbagai macam model face shield sesuai kebutuhan dan dalam tempo yang cepat. Kini, IT Telkom sedang melakukan uji coba desain face shield dengan mesin 3D printer untuk mencari desain terbaik yang memiliki model estetika namun tetap nyaman digunakan dan cepat dalam proses produksinya. 


Karena di era pandemi seperti sekarang ini tenaga medis sangat perlu face shield selain dibutuhkan masker dalam jumlah yang besar. Face shield dapat menjadi alat pelindung terbaik bagi setiap tenaga medis yang bertugas. 


Diharapkan nantinya model face shield terbaik dari hasil uji coba kemudian akan sesegera mungkin diproduksi secara massal dengan metode moulding plastik oleh pelaku UMKM di bawah pengelolaan CDC Telkom Group Regional IV. 


Segala macam model face shield yang telah dihasilkan akan dibagikan ke berbagai rumah sakit dan juga fasilitas kesehatan lain melalui berbagai macam kegiatan seperti pengabdian masyarakat. Setiap dosen pun berharap bahwa dengan adanya mesin 3D printer dapat membantu setiap orang untuk mempercepat terjadinya proses produksi supply APD bagi setiap tenaga medis yang memang membutuhkan bantuan alat APD lengkap guna melakukan tugasnya di bidang kesehatan.


Ketersediaan face shield yang memadai tentu juga akan sangat berguna bagi setiap tenaga medis yang bekerja di Klinik Kesehatan Telkom University yang setiap harinya menangani berbagai macam pasien baik dari kalangan mahasiswa dan mahasiswi Universitas Telkom atau pun dari kalangan masyarakat umum yang membutuhkan bantuan mereka.


Manfaat Keberadaan Klinik Kesehatan Telkom University 


Keberadaan klinik kesehatan yang merupakan kepemilikan dari yayasan Telkom University sendiri tentu memberikan berbagai macam manfaat untuk setiap mahasiswa dan mahasiswi serta dosen dan tenaga pengajar yang terlibat dalam Telkom University. 


Adapun manfaat keberadaan klinik kesehatan Universitas Telkom sendiri di antaranya : 


Kesehatan mahasiswa dan mahasiswi tercover dengan baik


Keberadaan klinik kesehatan milik Universitas Telkom memang berdiri diprakarsai visi misi universitas yang tidak hanya memberikan pendidikan yang layak bagi setiap mahasiswa dan mahasiswi, melainkan juga memberikan jaminan kesehatan bagi mahasiswa dan mahasiswi. 


Hal ini karena pihak Telkom University sangat yakin bahwa prestasi belajar mahasiswa dan mahasiswi tidak hanya dipengaruhi faktor kepandaian dan kecerdasan otak saja melainkan juga faktor gizi dan kesehatan. 


Oleh sebab itu Universitas Telkom menekankan bahwa kesehatan sangat penting dan pada akhirnya hadirlah klinik kesehatan yang mampu mengcover semua kebutuhan kesehatan mahasiswa dan mahasiswi. Pastinya mahasiswa dan mahasiswi yang tinggal di asrama yang akan paling sadar tentang apa dan bagaimana layanan dan manfaat keberadaan klinik Telkom itu sendiri. 


Jika ada masalah kesehatan semua pihak bisa langsung ditangani


Lokasi yang sangat dekat dengan universitas dan akses lokasi yang strategis atau mudah dijangkau membuat semua pihak baik dari kampus atau di luar kampus bisa mendapatkan penanganan langsung atas masalah kesehatan yang dialami. 


Jadi tak perlu khawatir ada masalah yang tidak tertangani karena tenaga medis dan semua crew dokter serta perawat yang bertugas semaksimal mungkin akan memberikan layanan terbaik kepada pasien tanpa tebang pilih. 


Selain berusaha untuk memberikan pelayanan dan pengobatan secara maksimal, keberadaan klinik kesehatan dari Telkom juga berfungsi untuk memberikan kesadaran terhadap masyarakat bahwa kesehatan itu juga menjadi bagian yang tak kalah penting dari belajar. Karena itu masalah kesehatan yang dialami sekecil apapun yang dirasakan tak boleh diremehkan atau diacuhkan. Sedini mungkin harus diperiksa agar tidak berimbas pada masalah kesehatan jangka panjang dan jika perlu gejala yang tidak bagus pada tubuh bisa dicegah dan diminimalisir. 


Tarif yang terjangkau


Soal tarif tak perlu terlalu dipikirkan. Tarif berobat baik rawat jalan atau rawat inap di Klinik Kesehatan Telkom University sangat terjangkau. Pun demikian dengan tarif dokter gigi dan dokter lainnya. Terlebih bagi mereka yang sudah punya asuransi kesehatan, tentu tarif tak perlu menjadi masalah. 


Hal ini terjadi karena memang sejak awal, komitmen dari Yayasan Telkom berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada negara dan masyarakat. Tidak hanya di sektor pendidikan yang berkualitas, melainkan juga di sektor kesehatan.  Karena itu semua fasilitas kesehatan di sini bisa diakses dengan harga yang sangat terjangkau. 


Menggunakan tenaga dokter terpercaya yang ahli di bidang masing – masing


Tenaga medis yang bertugas di klinik Telkom merupakan ahli kesehatan profesional yang telah menempuh pendidikan khusus sebagaimana tugas yang diemban. Jadi mahasiswa, mahasiswi dan masyarakat umum tak perlu takut dan khawatir. 


Dalam melakukan diagnosa, dokter tentunya memiliki standar dan prosedur pemeriksaan fisik sesuai keahlian yang ditempuhnya. Dokter akan mencari tahu penyakit pasien sudah dimulai sejak dulu apa baru muncul dengan tindakan palpasi atau perabaan. 


Kemudian selanjutnya melalui tindakan perkusi atau diketuk. Setelah itu melalui metode auskultasi atau menggunakan stetoskop jika memang diperlukan. Nantinya diagnosis akan muncul. Setelah diagnosis muncul, dokter yang bertugas akan melakukan tindakan. 


Ada beberapa pilihan tindakan yang bisa dilakukan dan tindakan tersebut tidak selalu berbentuk medikasi. Beberapa ada tindakan yang perlu dimulai dengan observasi, modifikasi gaya hidup, rekomendasi pola makan, pemberian obat – obatan dalam tempo atau jangka waktu tertentu baik jangka pendek atau jangka panjang, kemudian ada tindakan invasif juga. Tindakan invasif yaitu apakah perlu dilakukan penyuntikan, infus, atau berbagai tindakan lainnya pada pasien. 


Nah, sebagaimana dokter – dokter terpercaya dan ahli lainnya, semua prosedur dan tindakan semacam itu juga pastinya dilakukan oleh dokter yang bertugas di klinik kesehatan Telkom karena mereka juga memiliki sertifikasi dan pendidikan yang sama di rumah sakit lainnya baik swasta atau milik pemerintah. 


Memiliki banyak layanan kesehatan 


Sebagaimana yang kita tahu bahwa Klinik Kesehatan Telkom University memang menghadirkan sangat banyak layanan kesehatan. Hampir semua layanan kesehatan yang dibutuhkan dihadirkan. Jadi semua pihak yang membutuhkan layanan kesehatan apapun bisa langsung datang ke alamat klinik kesehatan dari Universitas Telkom untuk mendapatkan pelayanan terbaik.


Adapun beberapa layanan kesehatan yang ditangani di klinik kesehatan dari Telkom University itu sendiri terdiri atas : 


- Layanan rawat jalan

- Layanan rawat inap

- Layanan perawatan gawat darurat

- Layanan penunjang diagnostic 

- Layanan tindakan operasi

- Layanan perawatan dan pengobatan gigi, dan lainnya.


Melayani masyarakat setempat 


Klinik kesehatan Telkom hadir tidak hanya memberikan layanan kepada mahasiswa atau mahasiswi melainkan juga terhadap masyarakat setempat. Dimaksudkan untuk memberikan informasi bahwa Indonesia tidak hanya butuh pemerataan pendidikan melainkan juga pemerataan kesehatan. 


Oleh sebab itu klinik Telkom ini merupakan langkah Telkom mengajak seluruh masyarakat Indonesia paham dan sadar tentang betapa pentingnya kesehatan dan melakukan pengecekan untuk menangani keluhan atau masalah yang dialami jika memang ada. 


Fasilitas kesehatan yang dibangun Telkom untuk negeri juga sekaligus ada untuk membantu meningkatkan kesadaran masyarakat agar tidak takut mengecek dan periksa kesehatan ke dokter. Tentunya dibandingkan self diagnose yang berpotensi menyebabkan terjadinya gangguan kesehatan lain, diagnosa dokter jauh lebih akurat. 


Dengan pengetahuan, alat medis dan skill yang dimiliki dokter akan membantu menangani masalah kesehatan dari akarnya agar tidak terjadi masalah – masalah di kemudian hari. Melalui adanya fasilitas kesehatan yang memadai, masyarakat tidak hanya sekedar akan mendapatkan pemulihan dan pengobatan saja melainkan juga dapat memonitoring kesehatan, mencegah terjadinya masalah kesehatan lanjutan, sekaligus meningkatkan derajad kesehatan sehingga kesejahteraan pun akan meningkat. 


Kesejahteraan yang meningkat tentu akan berdampak baik pada produktivitas yang akan juga meningkat. Dengan demikian secara tidak langsung, hadirnya fasilitas kesehatan sama halnya dengan hadirnya alat untuk membangun produktivitas nasional.


Dengan semua manfaat tersebut oleh sebab itu Telkom bersinergi untuk menghadirkan Klinik Kesehatan Telkom University yang sangat bermanfaat untuk semua pihak. Tidak hanya untuk ruang lingkup mahasiswa dan mahasiswi Telkom melainkan untuk kesejahteraan bersama. 








Follow instagram : @seputarinfo.telu




#TelkomUniversity


#SeputarInfoTelkomUniversity


#KlinikTelkomUniversity