Telkom University Membuka Beasiswa Keagamaan, Apa Saja Syaratnya?


Telkom University masih membuka program Beasiswa Keagamaan. Kira-kira apa saja syarat dan kapan tanggal terakhir untuk mendaftar?

Telkom University memiliki tekad untuk membangun research and entrepreneurial university yang memberikan manfaat bagi masyarakat. Seluruh jajaran pendidik memiliki harapan besar untuk menghasilkan lulusan yang mempunyai daya saing global. 

Mampu untuk menciptakan inovasi dan budaya riset yang bermanfaat yang bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu juga dapat berkontribusi untuk pembangunan ekonomi nasional dengan program pengembangan entrepreneurship.

Telkom University mempunyai komitmen dalam hal memberikan pelayanan pendidikan berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan pencapaian Akreditasi Unggul atau A dan BAN-PT dan Akreditasi Internasional bagi beberapa prodi.

Dari pencapaian tersebut, Kemenristekdikti dan Kemendikbud menobatkan Telkom University menjadi Perguruan Swasta Terbaik yang ada di Indonesia. Apalagi saat ini Telkom University sedang membuka Beasiswa Keagamaan bagi para calon mahasiswa yang akan mendaftar pada tahun ini.

Hal ini salah satu bentuk dari perwujudan tekad dan komitmen Telkom University untuk memberikan pelayanan pendidikan terbaik putra-putri bangsa. 


Beasiswa Keagamaan Telkom University 2021

Telkom University tahun ini membuka Beasiswa Keagamaan pada saat seleksi mahasiswa baru. Beasiswa ini berlaku untuk siswa siswi yang aktif dalam kepengurusan kerohanian atau mempunyai prestasi keagamaan.

Terbuka bagi semua agama yang dianut oleh warga Indonesia seperti Islam, Katolik, Budha, Protestan, Hindu, dan Konghucu. Bagi Anda yang baru saja lulus dari bangku SMA, SMK, atau sederajat tahun ajaran 2020/2021 dapat segera mendaftar beasiswa ini.

Beasiswa Keagamaan dari Telkom University ini sesuai Peraturan Pemerintah no 57 pada tahun 2021 mengenai standar nasional pendidikan. Peraturan tersebut menyebutkan peningkatan iman, takwa, dan akhlak mulia adalah hal yang sangat dibutuhkan.

Program Beasiswa Keagamaan ini bertujuan untuk mendapatkan putra putri Indonesia yang bisa menginspirasi dan sebagai role model bagi mahasiswa lain. Jika Anda mendaftar kuliah melalui jalur seleksi Beasiswa Keagamaan, Anda tidak akan dikenakan biaya sepeserpun alias gratis.

Telkom University membuka Beasiswa Keagamaan yang bersifat beasiswa penuh. Artinya, penerima beasiswa akan menerima bantuan Biaya Pendidikan Semester, Biaya Uang Pangkal SDP2 dan UP3 secara penuh. Biaya Pendidikan Semester mulai dari semester 1 sampai 8 untuk jenjang S1 atau semester 1 hingga 6 untuk jenjang D3.


Manfaat Mendapatkan Beasiswa Keagamaan dari Telkom University

Kuliah melalui jalur beasiswa merupakan suatu pencapaian yang pastinya membanggakan. Terutama bagi Anda yang bisa melewati tahapan seleksi hingga akhir dan lulus. Ada beberapa manfaat yang akan Anda rasakan ketika menjadi penerima beasiswa, yaitu:

1. Motivasi Diri Menjadi Lebih Kuat

Kuliah dari hasil mengikuti seleksi Beasiswa Keagamaan di Telkom University akan menjadi hal yang membanggakan untuk diri sendiri. Pasalnya, program beasiswa selalu menjadi incaran sebagian besar orang dan pesertanya pasti tidak sedikit.

Mempunyai kesempatan untuk mendapatkan beasiswa bisa memotivasi diri Anda menjadi lebih giat belajar dan memperkuat tekad. Sehingga, cita-cita dan mimpi Anda akan semakin mudah untuk tercapai.

2. Biaya Kuliah Menjadi Sangat Ringan

Tidak bisa Anda pungkiri bahwa biaya kuliah untuk sebagian orang adalah hal yang cukup istimewa. Tapi tidak untuk mereka yang memiliki komitmen pada diri sendiri untuk menjadi berprestasi, karena beasiswa mudah dicari dan didapatkan.

Saat Anda mendapatkan dana Beasiswa Keagamaan dari Telkom University, biaya kuliah Anda akan sangat ringan. Mendapatkan beasiswa pasti akan sangat membantu Anda dalam hal biaya yang harus Anda keluarkan untuk kuliah.

3. Prospek Karir Meningkat

Kuliah melalui jalur beasiswa akan menjadi nilai plus ketika proses melamar pekerjaan. Perusahaan tersebut pasti akan sangat mempertimbangkan prestasi Anda, sehingga peluang mendapatkan pekerjaan semakin besar.

Banyak perusahaan yang nantinya mempertimbangkan wawasan dan ilmu pengetahuan, jika Anda lulus kuliah melalui jalur Beasiswa Keagamaan di Telkom University. Hal ini disebabkan sulitnya mendapatkan kesempatan beasiswa melalui jalur prestasi yang akan melewati banyak tahap seleksi. 

Predikat Anda juga akan sangat diperhitungkan jika telah berhasil melalui beragam seleksi beasiswa tersebut.

4. Teladan Untuk Orang Lain

Bisa kuliah dan meraih prestasi dengan program beasiswa pasti akan menjadi sebuah kisah inspirasi untuk banyak orang. Anda juga bisa menjadi teladan diri, supaya orang lain bisa kuliah dan meraih beasiswa yang sama seperti Anda.

Terutama kisah tersebut adalah tentang kuliah yang bersumber dari dana Beasiswa Keagamaan di Telkom University yang berhasil Anda raih. Secara tidak langsung akan menebar manfaat untuk orang lain yang mengetahui hal tersebut.

5. Bertemu Banyak Relasi

Kesempatan untuk mendapatkan beasiswa akan membuka peluang Anda untuk memperluas jaringan pertemanan. Penerima beasiswa umumnya akan saling bertemu di sebuah kegiatan yang sama, sehingga jalan Anda bertemu banyak relasi semakin terbuka lebar.

Semakin banyak teman makan akan semakin luas wawasan dan pergaulan Anda. Sekaligus Anda juga akan banyak belajar berbagai bahasa dan budaya, karena berada di sebuah ikatan atau kegiatan yang sama. Mendapatkan Beasiswa Keagamaan di Telkom University akan menjadikan diri Anda semakin banyak tahu mengenai keilmuan dan juga wawasan.


Persyaratan Mendaftar Program Beasiswa Keagamaan di Telkom University

Untuk dapat mendaftar program Beasiswa Keagamaan di Telkom University, ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi. Berikut adalah beberapa syarat tersebut:

1. Rapor mulai dari semester 1 sampai 5 dengan nilai rata-rata minimal 75.

2. Bukti pendukung atau sertifikat keaktifan dalam pengurusan organisasi atau kegiatan rohani. Jika tidak ada, Anda bisa memberikan surat rekomendasi langsung dari pemuka agama.

3. Bagi Anda yang beragama Islam bisa mendaftar melalui jalur Tahfidz. Syarat utamanya adalah hafalan Al Qur’an untuk sebanyak 20 juz atau hafalan 30 juz.

4. Mengikuti sesi wawancara.


Fakultas dan Program Studi di Telkom University

Telkom University menyediakan 8 pilihan fakultas yang dapat Anda pilih sesuai minat atau bidang kejuruan Anda sebelumnya. Meskipun melalui jalur Beasiswa Keagamaan, Anda tetap memiliki hak pilih untuk jenis fakultas dan program studi yang Anda inginkan. Berikut adalah daftar fakultas dan program studi yang tersedia:


1. Fakultas Teknik Elektro

Teknik Elektro adalah bidang ilmu yang akan mempelajari tentang listrik dan cara pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari-hari. Anda akan dibekali dengan pengetahuan dan ilmu seputar perancangan, produksi, konsep, serta pengembangan perangkat elektronik dan listrik.

Ada beberapa program studi teknik dengan jenjang pendidikan S1 yang bisa Anda pilih saat mendaftar Beasiswa Keagamaan di Telkom University. Berikut daftar program studi yang ada di Fakultas Teknik Elektro:

- Telekomunikasi

- Elektro

- Fisika

- Komputer

- Biomedis


2. Fakultas Informatika

Informatika adalah bidang ilmu yang akan mempelajari tentang penggunaan teknologi komputer dengan optimal. Fungsi ilmu tersebut untuk mengolah data menggunakan proses logika atau menangani masalah transformasi. 


3 program studi dengan jenjang S1 yang dapat Anda pilih ketika mendaftar Beasiswa Keagamaan di Telkom University, yaitu:

- Informatika

- Teknologi Informasi

- Rekayasa Perangkat Lunak


3. Fakultas Rekayasa Industri

Fakultas Rekayasa Industri menekankan pada kemampuan untuk merancang solusi dengan berbasi Teknologi Informasi yang diperlukan oleh organisasi yang memberi value. Value tersebut mengarah ke aktivitas penciptaan, penyimpanan, pengolahan, serta pendistribusian informasi yang merupakan elemen penting untuk organisasi untuk mencapai tujuan.

Industri telematika terdiri dari kelompok jasa dan barang seperti Industri Perangkat, software, dan jaringan atau infrastruktur.  Berikut 3 jenis program studi dengan jenjang S1 yang tersedia di Telkom University:

- Teknik Industri

- Sistem Informasi

- Teknik Logistik


4. Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis akan mempelajari mengenai cara Anda merancang sebuah strategi bisnis serta pengambilan keputusan. Umumnya Anda akan mempelajari berbagai teori dan ilmu ekonomi yang akan diterapkan saat praktik bisnis.

Telkom University menyediakan 3 pilihan program studi dengan jenjang S1 bagi para pendaftar Beasiswa Keagamaan. Berikut daftar jenis program studi yang bisa Anda pilih:

- International ICT Business

- Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika (MBTI)

- Akuntansi


5. Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Fakultas Komunikasi dan Bisnis akan mempelajari tentang administrasi di dalam bisnis serta ilmu komunikasi secara konvensional atau berbasis digital. Tersedia 3 jenis program studi dengan jenjang S1 yang bisa Anda pilih saat mendaftar Beasiswa Keagamaan, yaitu:

- Administrasi Bisnis

- Ilmu Komunikasi

- Digital Public Relation


6. Fakultas Industri Kreatif

Industri Kreatif adalah bidang ilmu yang akan mempelajari tentang desain, membuat produk, dan mengatur produk yang telah dihasilkan. Industri kreatif saat ini sangat penting pada zaman era digital, agar Anda tidak tertinggal.

Berikut ini ada 5 jenis program studi jenjang pendidikan S1 yang tersedia di Telkom University:

- Desain Komunikasi Visual

- Product Innovation and Management

- Desain Interior

- Kriya (Fashion and Textile Design)

- Visual Arts atau Seni Rupa


7. Fakultas Ilmu Terapan

Ilmu Terapan adalah bidang ilmu yang menerapkan pengetahuan lebih dari satu bidang seperti matematika, ilmu alam, atau ilmu fisika. Tujuannya untuk menyelesaikan masalah secara praktis yang langsung berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Telkom University menawarkan 8 program bidang studi dengan jenjang D3 dan S1 yang bisa Anda pilih saat mengikuti Beasiswa Keagamaan. Berikut adalah daftar program studi tersebut:

- Teknologi Telekomunikasi

- Teknik Informatika

- Sistem Informasi

- Sistem Informasi Akuntansi

- Teknologi Komputer

- Digital Marketing

- Perhotelan

- Terapan Teknologi Rekayasa Multimedia (S1)


Cara Mendaftar Beasiswa Keagamaan di Telkom University

Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti program Beasiswa Keagamaan di telkom University bisa mengikuti cara berikut ini untuk mendaftar:

1. Buat akun pendaftaran melalui website smb.telkomuniversity.ac.id.

2. Aktivasi akun pendaftaran Anda melalui email yang telah Anda daftarkan.

3. Login di halaman website smb.telkomuniversity.ac.id menggunakan email serta password yang telah Anda daftarkan.

4. Isi seluruh form pendaftaran.

5. Selanjutnya pilih metode pembayaran menggunakan Finpay/VA BNI, kemudian pilih jalur seleksi Beasiswa Keagamaan dengan nominal harga PIN Rp 0,-.

6. Simpan, lalu lanjutkan proses pendaftaran sampai pada tahap Cetak Kartu Peserta sebagai tanda akhir dari proses pendaftaran Beasiswa Keagamaan.

Seperti itulah informasi singkat tentang Beasiswa Keagamaan dari Telkom University. Semoga dapat membantu Anda menemukan jurusan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda. Sebaiknya Anda segera melakukan pendaftaran sebelum tanggal 31 Mei 2021. 

Jika sudah lewat dari tanggal tersebut, Anda tidak akan bisa melakukan pendaftaran dan peluang Anda mendapatkan beasiswa pun musnah untuk tahun ini. Selamat mencoba! Semoga Anda menjadi salah satu orang yang beruntung mendapatkan beasiswa dari Telkom University.




Follow Instagram : @seputarinfo.telu


#TelkomUniversity

#SeputarInfoTelkom

#Beasiswa