Telkom University, Perguruan Tinggi Swasta dengan Akreditasi Unggul Pertama di Indonesia



Sejak pertama dibangun, Telkom University memang memiliki visi dan misi mulia untuk anak – anak bangsa. Visi dan misi tersebut terus dibangun dengan komitmen dan berbagai macam pembuktian yang Telkom University lakukan. 

Salah satu pembuktian Telkom University adalah peningkatan mutu dan kualitas pendidikan yang semakin baik dari waktu ke waktunya. Bahkan kini, Universitas Telkom sudah menjadi perguruan tinggi swasta pertama di Indonesia yang mendapatkan akreditasi unggul. Selengkapnya tentang Telkom University bisa Anda simak dalam ulasan berikut ini!

Akreditasi Unggul Telkom University

Atas keputusan yang termaktub dalam SK Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) no. 407/SK/BAN-PT/AK-ISK/PT/2021 tahun 2021, Telkom University merupakan universitas terakreditasi unggul.

Atas surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT) tersebut, hal ini menjadikan Telkom University atau Universitas Telkom diakui sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) pertama di Indonesia yang mampu meraih akreditasi unggul.

Rektor dari Universitas Telkom yaitu Adiwijaya menyampaikan selamat kepada seluruh elemen civitas akademika dari Telkom University atas prestasi universitas yang berhasil diraih. Menurut sang rektor, kepercayaan yang telah didapatkan Universitas Telkom harus menjadi elemen pendongkrak semangat agar universitas tidak lengah dan terus memberikan mutu pendidikan terbaik bagi seluruh masyarakat Indonesia.

"Ini (akreditasi unggul) adalah amanah bagi Telkom University sebagai perguruan tinggi yang unggul di Indonesia, kami berkomitmen terus untuk berkontribusi bagi bangsa lewat pendidikan yang berkualitas," ungkap Adiwijaya selaku rektor Universitas Telkom.

Adiwijaya juga mengucapkan syukur dan rasa terima kasihnya kepada seluruh civitas akademika yang telah bersama – sama mengharumkan nama Telkom University sebagai salah satu universitas swasta terbaik, baik secara nasional atau secara internasional.

“Kami sampaikan rasa terimakasih kepada seluruh bagian civitas akademika baik mahasiswa, dosen, pegawai dan alumni yang telah bekerja keras dalam mengharumkan nama Telkom University di tengah pandemi Covid-19," terang Adiwijaya selaku rektor.

Beliau juga menyampaikan harapannya agar seluruh civitas akademika dari Universitas Telkom senantiasa diberikan limpahan kesehatan sehingga bisa terus mencetak generasi terbaik bagi bangsa

Indonesia. Mencetak generasi unggul yang siap terjun dengan ilmu yang dimiliki untuk kepentingan bangsa dan negara.

Mengenai mekanisme akreditasi sendiri, berdasarkan peraturan BAN-PT nomor 1 tahun 2020 disebutkan bahwa istilah peringkat akreditasi atau peringkat terakreditasi menjadi unggul, baik sekali dan baik atau tidak terakreditasi merupakan istilah yang diberikan untuk melihat kualifikasi perguruan tinggi dan kualitas program studi dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri) atau PTS (Perguruan Tinggi Swasta) yang bersangkutan.

Untuk istilah akreditas unggul, artinya bahwa suatu perguruan tinggi yang mendapatkan prestasi tersebut adalah perguruan tinggi terbaik yang sistem pendidikannya mampu melampaui standar nasional pendidikan tinggi yang ada di Indonesia.

Nah, Universitas Telkom yang saat ini sudah memiliki 37 program studi dari 7 fakultas sudah punya semua kriteria tersebut sehingga bisa mendapatkan status akreditasi unggul. Dari total 37 program studi yang berada dibawah naungan 7 fakultas, sebanyak 62,1% atau setara 23 prodi dari Universitas Telkom sudah mengantongi akreditasi A, salah satunya berhasil meraih akreditas unggul.

Sementara dengan total 59% lainnya dari total prodi yang ada di Telkom University atau setara 19 prodi telah terakreditasi internasional yang di antaranya mendapatkan akreditasi IABEE, ASIC dan ABEST 21.

Hal menarik dan sekaligus menjadi prestasi terbaik Telkom University di tahun 2021 ini adalah bahwa universitas swasta terbaik di Indonesia ini berhasil masuk ke dalam pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021 berdasarkan Sustainable Development Goals (SDGs).

Telkom University mampu meraih peringkat pertama untuk kategori PTS di Indonesia dan berhasil menempati peringkat ke-10 di Indonesia bersanding dengan 9 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya sebagai salah satu yang terbaik.

Sementara untuk peringkat dunia, Telkom University berhasil menempati peringkat 201 sampai dengan 300 dunia. Cukup menjadi prestasi yang sangat membanggakan bukan?

Dengan semua prestasi yang didapatkan tersebut, sangat layak bahwa masyarakat Indonesia secara umum dan mahasiswa, mahasiswi serta civitas akademika Telkom University secara khusus berbangga atas semua prestasi yang berhasil didapatkan salah satu universitas swasta terbaik ini.


Visi, Misi dan Tujuan Telkom University

Setiap universitas pasti memiliki visi, misi dan tujuan dalam tata laksana program pendidikannya. Pun demikian dengan Telkom University.

Universitas swasta ini memiliki visi yaitu menjadi research dan entrepreneurial university pada tahun 2023 mendatang yang mampu berperan aktif dalam berbagai hal utamanya dalam bidang pengembangan teknologi, sains, dan seni yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Untuk mencapai semua visi tersebut, misi yang akan dilakukan Telkom University sangat kompleks. Misi Universitas Telkom meliputi :

- Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan yang berbasis teknologi informasi dan memiliki standar internasional

- Mengembangkan, menyebarluaskan dan menerapkan teknologi, sains dan seni agar diakui secara internasional

- Memanfaatkan segala macam sains, teknologi dan seni untuk mendapatkan kesejahteraan dan kemajuan peradaban bangsa melalui metode pengembangan kompetensi entrepreneurial

Semua visi dan misi yang Telkom University punya tentu untuk meraih apa yang menjadi tujuan utama universitas swasta terbaik di Indonesia ini. Tujuan dari penjabaran visi dan pelaksanaan misi Telkom University sebagai berikut :

- Agar kepercayaan dari seluruh pemangku kepentingan bisa didapatkan dan tercapai

- Mampu menghasilkan lulusan yang mampu bersaing secara global, internasional

- Menghasilkan lulusan yang siap kerja dan berwawasan luas

- Memiliki lulusan yang sadar tentang pentingnya entrepreneur dalam kehidupan

- Menciptakan budaya riset multi disiplin dan atmosfer akademik lintas budaya dengan standar internasional

- Menghasilkan produk inovasi yang bermanfaat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup masyarakat serta mendukung pembangunan ekonomi nasional melalui tahap pengembangan budaya entrepreneurial


Jurusan di Telkom University

Terdapat berbagai macam jurusan di Telkom University yang terbagi ke dalam beberapa fakultas. Adapun beberapa fakultas yang menaungi jurusan – jurusan di Universitas Telkom terdiri atas :

Fakultas Teknologi Elektro

Terdiri atas beberapa program studi yang dapat menjadi pilihan, di antaranya :

- Teknik Elektro akreditasi A

- Teknik Telekomunikasi akreditasi A

- Teknik Fisika akreditasi A

- Teknik Komputer akreditasi B

- Teknik Telekomunikasi Int akreditasi A

- Teknik Elektro Int akreditasi A


Fakultas Rekayasa Industri

Di bawah naungan fakultas Rekayasa Industri, terdapat beberapa program studi yang dapat Anda pilih terdiri atas :

- Teknik Industri akreditasi A

- Sistem Informasi akreditasi A

- Teknik Logistik akreditasi C

- Teknik Industri Int akreditasi A

- Sistem Informasi Int akreditasi A


Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Di bawah naungan fakultas Ekonomi dan Bisnis terdapat beberapa program studi yang bisa Anda pilih terdiri atas :

- Manajemen Bisnis Telekomunikasi dan Informatika akreditasi A

- Akuntansi akreditasi A

- International ICT Business akreditasi A


Fakultas Teknik Informatika

Jika Anda tertarik bergabung menjadi bagian dari Fakultas Teknik Informatika, beberapa program studi yang bisa Anda pilih terdiri dari :

- Rekayasa Perangkat Lunak akreditasi B

- Teknologi Informasi akreditasi B

- Informatika akreditasi A

- Informatika Int akreditasi A


Fakultas Desain dan Industri Kreatif

Di bawah naungan Fakultas Desain dan Industri Kreatif, semua program studinya sudah terakreditasi A. Adapun pilihan program studi dengan akreditasi A yang bisa Anda pilih pada fakultas ini terdiri atas :

- Desain Interior

- Desain dan Komunikasi Visual

- Industrial Design

- Visual Arts

- Seni Kriya

- Desain Komunikasi Visual Int


Fakultas Bisnis dan Ekonomi

Fakultas Bisnis dan Ekonomi membawahi lima program studi yang terdiri atas :

- Ilmu Komunikasi akreditasi A

- Administrasi Bisnis akreditasi A

- Digital Public Relation akreditasi B

- Ilmu Komunikasi Int akreditasi A

- Administrasi Int akreditasi A 


Terapan

Nama program studi yang berada di bawah fakultas terapan memiliki akreditasi yang bervariasi mulai dari akreditasi A sampai C. Adapun program studi yang dimaksud di antaranya :

- Sistem Informasi Akuntansi akreditasi A

- Sistem Informasi akreditasi A

- Teknik Informatika akreditasi A

- Teknologi Telekomunikasi akreditasi A

- Teknologi Komputer akreditasi A

- Digital Marketing akreditasi B

- Perhotelan akreditasi A

- Teknologi Rekayasa Multimedia akreditasi C

Di antara semua jurusan tersebut, lantas jurusan mana yang termasuk jurusan terbaik yang ada di Universitas Telkom?

Sebenarnya semua jurusan di Universitas Telkom merupakan jurusan dengan nilai akreditasi yang sangat baik, akan tetapi memang terdapat jurusan unggulan yang menjadi favorit di Universitas Telkom. Jurusan tersebut di antaranya :

Prodi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, pada fakultas Ekonomi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Telkom memiliki banyak program studi yang bisa dipilih. Namun program studi yang paling favorit di bawah naungan fakultas Ekonomi dan Bisnis adalah program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika.

Pada program studi ini Anda akan belajar tentang berbagai macam teknologi informasi yang dibutuhkan dalam ruang lingkup bisnis. Program studi ini hanya bisa Anda temukan di Universitas Telkom saja. Oleh sebab itu banyak orang yang berbondong – bondong masuk di fakultas Ekonomi dan Bisnis untuk belajar menjadi bagian dari program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika.

Program studi ini akan memberikan pemahaman yang mendalam mengenai bagaimana tata cara pengelolaan bisnis berbasis ICT. Hal ini menjadi ilmu yang sangat penting untuk berbisnis di tengah persaingan industri digital yang berkembang sangat pesat seperti sekarang ini. Tentu saja ilmunya akan sangat relevan untuk lulusan agar siap menghadapi dunia kerja atau mampu menciptakan lapangan sendiri nantinya.

Jika menciptakan lapangan kerja sendiri tentu dampak positifnya akan semakin banyak lapangan kerja yang bisa diapply oleh lulusan lain di Indonesia. Sementara jika ingin bekerja bergabung dengan suatu perusahaan, prospek kerja lulusan Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika dari Universitas Telkom berhak menduduki posisi sebagai manajer pengembangan bisnis atau pun analis manajemen bisnis suatu perusahaan.

Namun memang bagi Anda yang ingin belajar di program studi Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, biaya yang cukup besar harus Anda keluarkan. Namun ada program beasiswa juga yang bisa Anda ikuti programnya untuk mendapatkan keringanan atau potongan biaya. Lantas, bagaimana dengan Anda? Tertarik menjadi bagian dari Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika di Universitas Telkom?


Program studi Teknik Elektro, di bawah naungan fakultas Teknik Elektro

Teknik Elektro yang hadir di Telkom University hadir dengan tiga konsentrasi yang berbeda yaitu teknik elektronika, teknik kendali atau sistem kontrol dan teknik biomedis. Ketiaganya memiliki konsentrasi pembelajaran yang berbeda.

Misalkan seperti teknik biomedis, program studi ini mempelajari tentang instrumentasi elektronik pada bidang biomedis. Sementara teknik elektronika mempelajari mengenai seluk beluk komponen elektronika. Sementara teknik sistem kontrol mempelajari tentang sistem otomasi dan robotik.

Bagi Anda yang mengambil program studi ini, prospek kerja yang berpotensi Anda dapatkan setelah lulus dari Telkom University seperti menjadi ahli teknik elektronik atau menjadi ahli robotik. Anda bisa bekerja di berbagai perusahaan besar di dalam negeri atau pun di luar negeri. Anda bisa berkarya secara nasional atau pun internasional dengan ilmu yang sudah Anda dapatkan semasa kuliah.


Program Studi Teknik Telekomunikasi, di bawah naungan Fakultas Teknik Elektro

Masih membahas tentang fakultas Teknik Elektro. Memang banyak program studi favorit yang bisa didapatkan di bawah fakultas Teknik Elektro ini. Salah satunya adalah program studi Teknik Telekomunikasi yang memang sangat populer di Indonesia. Bahkan program studi ini sudah mengantongi akreditasi A.

Program studi Teknik Telekomunikasi merupakan sebuah program studi yang memiliki tingkat keketatan dan kesulitan pembelajaran yang sangat tinggi di universitas. Teknik Telekomunikasi sendiri program studinya terbagi ke dalam tiga peminatan yaitu peminatan jaringan, signal dan transmisi.

Semua ilmu yang dipelajari tentu up to date dan sangat relevan dengan kondisi dimana semua hal sudah berkaitan dengan teknologi seperti sekarang ini. Bagi setiap lulusan Teknik Telekomunikasi dari Universitas Telkom, prospek kerja potensial yang bisa Anda dapatkan adalah di bidang communication intelligence, teknisi mekanik radio dan ataupun di bidang ahli navigasi.


Program studi Teknik Industri, di bawah naungan Fakultas Rekayasa Industri

Program studi Teknik Industri merupakan program studi yang sangat unik di Universitas Telkom. Jika pada universitas lain, program studi Teknik Industri biasanya lebih menekankan pada industri manufaktur akan tetapi di Universitas Telkom tidak demikian.

Di Universitas Telkom, program studi dari Teknik Industri adalah terfokus pada bidang industri jasa. Hal ini sesuai dengan pengakuan dari Ario Adimas, VP Marketing Go-Jek dan alumni Teknik Industri Telkom

2006, disebutkan bahwa poin penting dari perkembangan industri digital yang tengah pesat berkembang adalah di sektor jasa.

Anda yang belajar pada program studi Teknik Industri di Universitas Telkom, akan banyak prospek kerja yang bisa Anda masuki di antaranya sebagai manajer produksi industri, ahli teknik manufaktur atau menjadi teknisi produksi manufaktur.


Program studi Teknik Informatika, di bawah naungan Fakultas Informatika

Teknik Informatika merupakan program studi paling tua yang ada di Universitas Telkom. Program ini sudah ada sejak tahun 1993 dan sudah terakreditasi A. Awalnya Teknik Informatika berada di bawah fakultas Informatika Sekolah Tinggi Telekomunikasi Telkom (STT Telkom) yang kini sudah berganti menjadi Institut Teknologi Telkom (ITT).

Pada program studi Teknik Informatika, akan Anda temukan istilah Kelompok Keahlian yang terfokus dan beranggotakan dosen yang memiliki kompetensi dan keahlian dalam bidang keilmuan tertentu. Kelompok keahlian yang dimaksud terdiri atas Intelligence, Computing and Multimedia (ICM), Telematics dan System Information and Data Engineering (SIDE).

Anda yang belajar pada program studi Teknik Informatika memiliki peluang karir yang sangat banyak dan bagus, di antaranya bisa bekerja menjadi seorang programmer komputer atau pun developer software dan aplikasi.

Itulah sekilas informasi tentang Telkom University yang mendapatkan penobatan sebagai perguruan tinggi swasta dengan akreditasi unggul pertama di Indonesia. Anda yang berniat belajar di Universitas Telkom bisa memilih salah satu dari puluhan program studi yang tersedia.




Follow Instagram : @seputarinfo.telu

Source : baa.telkomuniversity.ac.id

#Seputarinfotelkom

#TelkomUniversity

#KampusTelkom